sebelum
RS Priscilla

Lokasi yang berada di akses jalan utama kota Cilacap menuju kota Purwokerto, menjadikan bangunan ini letaknya sangat strategis. Kebutuhan dasar saat membuat perencanaan yaitu respon terhadap lingkungan sekitar yang masih “baru” dan dalam masa pengembangan untuk kedepannya. Oleh karena itu, akses utama diletakkan pada area Jalan Sampang yang merupakan akses utama area tersebut.

Secara urutan akses, gerbang masuk utama bercabang menjadi dua. Sisi kanan merupakan jalan satu arah yang dikhususkan untuk sirkulasi Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan gerbang yang lebih kecil di depan, gerbang kedua sebagai gerbang keluar. Sisi kiri berfungsi sebagai sirkulasi kendaraan utama bagi pasien, staf, dan pengunjung. Area drop off bagi keluarga atau pasien terletak di bagian depan dengan jalan akses menuju pintu keluar menggunakan jalan di sisi samping gedung, sedangkan untuk kebutuhan pengunjung parkir diarahkan menuju ke semi-basement.

Bangunan Rumah Sakit Priscilla dibentuk vertikal dengan perencanaan tiga lantai dan semi-basement di mana fungsinya diarahkan ke atas, mengelilingi healing garden di tengah-tengah tapak. Area lantai pertama dirancang tiga meter lebih tinggi dari jalan raya yang dimaksudkan untuk mengantisipasi jika banjir terjadi karena ditempati oleh daerah lalu lintas tinggi seperti klinik, Multi Care Unit (MCU), IGD, unit radiologi, laboratorium, kantin, dan klinik BPJS yang ditempatkan di belakang.

 

 

PT Global Rancang Selaras
Lokasi
CIlacap
Skala
-
Tahun Proyek
Tahun Penyelesaian

Proyek Terkait

RS Pertamina Sentul City

RS Pertamina Sentul City

2011 - Rumah Sakit
Sentul, Bogor
Gedung Medik Sentral RS Bethesda

Gedung Medik Sentral RS Bethesda

2010 - Rumah Sakit
Yogyakarta
RS Bandung Eye Center

RS Mata Pusat Bandung

2014 - Rumah Sakit
Bandung
RS Palang Biru Gombong

RS Palang Biru Gombong

2015 - Rumah Sakit
Kebumen, Jawa Tengah