sebelum
RSUD Dian Harapan Jaya

Berangkat dari tujuan awalnya, menjadi rumah sakit yang mandiri dan berkualitas, desain masterplan proyek ini dilakukan Global Rancang Selaras secara komprehensif. Rumah Sakit Dian Harapan dikonseptualisasikan sebagai bentuk sederhana dari perwujudan luas lahan dengan total luasannya 26.750 meter persegi. Fasilitas kesehatan yang merupakan kebutuhan dasar suatu wilayah menjadi respons proyek ini untuk memberikan solusi atas berbagai kebutuhan masyarakat sekitarnya.

Lokasi yang berada cukup dekat dengan jalan utama yang menghubungkan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, menjadikan bangunan ini memiliki lokasi yang sangat strategis. Secara urutan akses, gerbang masuk dipecah menjadi dua yaitu gerbang masuk utama dan gerbang masuk IGD. Kedua gerbang ini memisahkan fungsi dua bangunan di sisi depan denah, bangunan di sisi selatan yang menampung instalasi gawat darurat infeksius, non-infeksius, dan radiologi, dengan bangunan di sisi utara untuk area komersial dan laboratorium. Di antara dua bangunan ini, terdapat taman yang memanjang untuk memisahkan dua area tersebut.

Global Rancang Selaras mengusulkan desain eksterior dan pemrograman spasial untuk dapat berkembang secara komprehensif menjadi rumah sakit yang adaptif dan solutif. Metal sheet bermotif ‘khombow’ khas Papua menjadi visualisasi fasad depan. Sedangkan untuk sistem jendela fasadnya menggunakan railing baja berpadu plafon kayu yang menambah kesan etnik.

 

PT Global Rancang Selaras
Lokasi
Jayapura
Skala
-
Tahun Proyek
Tahun Penyelesaian

Proyek Terkait

RS Pertamina Sentul City

RS Pertamina Sentul City

2011 - Rumah Sakit
Sentul, Bogor
Gedung Medik Sentral RS Bethesda

Gedung Medik Sentral RS Bethesda

2010 - Rumah Sakit
Yogyakarta
RS Bandung Eye Center

RS Mata Pusat Bandung

2014 - Rumah Sakit
Bandung
RS Palang Biru Gombong

RS Palang Biru Gombong

2015 - Rumah Sakit
Kebumen, Jawa Tengah