Webinar Desain Rumah Sakit di Masa Mendatang

 
Pada hari Sabtu, 27 Juni 2020, pukul 13.00-15:00WIB; telah diselenggarakan Webinar : Desain Rumah Sakit di Masa Mendatang sebagai bagian dari Hospital Architecture & Interior Series, melalui zoom.
 
Narasumber yang mengisi adalah: Ir Adi Utomo Hatmoko MArch. – Patient centered healing environment hospital architecture; Ir Wahju Wulandari MBA. – Effective & efficient green infrastructure; serta Agung Winaya SDs. – Hospitable hospital interior.
 
Webinar ini diselenggarakan oleh PT Global Rancang Selaras & Anabata.

Silakan bertanya seputar Desain Rumah Sakit dan Green Infrastructure, pada kolom komentar berikut ini.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang muncul saat webinar,

Tanya: Rio Angkoso 01:51 PM
Pak Agung, saya tertarik perihal pemilihan warna dan type cat untuk interior, apakah di era covid-19 ini akan ada trend baru pemilihan type cat interiornya? Apakah type cat :
1. antibact dan virus?
2. cat tahan desinfektan?
3. cat warna terang?
4. cat bahan ramah lingkungan?

Jawab: Agung Winaya       02:02 PM
Selamat Siang Pak Rio, untuk trend warna sepertinya akan terus berkembang mengikuti trend design, dan warna-warna yg dapat di aplikasikan di dalam rumah sakit bisa sangat beragam. Untuk jenis cat, sebelum era pandemi pun sebenarnya penggunaan cat antibacterial dll sudah harus kita aplikasikan di desain interior RS.

 

Tanya: Ahadi Ismail       01:53 PM
Apakah material interior untuk ruangan khusus pasien covid berbeda dengan ruangan lain…

Jawab: Agung Winaya       02:03 PM
Selamat Siang Pak Ahadi
Klasifikasi material Rumah sakit pada umunya sama, namun khusus ruang2 isolasi, material harus mempertimbangkan benda yg mudah dibersihkan dan bersertifikasi Hospital Grade

 

Tanya: Bisanti Yuniar       01:56 PM
Dijelaskan bahwa indirect dpt membuat sebuah interior lebih menarik. Bukankah dlm persyaratan RS tdk diperbolehkan adanya elemen yg dpt menyimpan debu spt desain indirect lamp pada umumnya? Atau ada desain lain yg dpt menghasilkan tampilan spt indirect lamp? Terima kasih.

Jawab: Agung Winaya       02:07 PM
Selamat Siang Bu Bisanti
Indirect light disini bukan indirect light biasa yg mungkin terlihat di fasilitas publik lain, perlu ada cover (acrylic / glass ) , celah cove lightingnya, dan harus benar2 seal dari sisi luar maupun dalam sehingga kotoran tidak masuk. Selain cove lighting, spotlight juga bisa menjadi option yg baik menciptakan mood dalam sebuah ruang interior

 

Tanya: Fandy Hardiansyah Ir       01:57 PM
Mas Agung, untuk RS yang lumayan ramai, konsep rg tunggu seperti penjelasan di atas akan berefek adanya limpahan antrian yang tidak tau harus kemana, apakah ada pemecahan permasalahannya? apalagi teruntuk RS di Jakarta yang space kosong nya sangat minim sekali.

Jawab: Agung Winaya       02:10 PM
Selamat Siang Pak Fandy
Salah satu caranya mungkin dengan mengadakan online medicine, walau sebenarnya belum bisa di optimalkan dengan cara tersebut, namun itu menjadi effor yg dapat dilakukan. Screening awal didepan diperlukan untuk meng edukasi calon pasien bilamana pasien tersebut memungkinan untuk dilakukan online medicine / virtual medical, sehingga area tunggu tidak terlalu crowded.

 

Tanya: IBNU (DPUPR kab. Cilacap)       02:03 PM
untuk agung winaya S.dS : sy dr cilacap mau tanya… sekarang sudah banyak gedung yg berkonsep green building bagaimana cara cata pengaplikasian green building di interior rumah sakit PMC dan bagaimana cara maintenance jangka pendek & panjangnya.

Jawab: Agung Winaya       02:19 PM
Selamat Siang Pak Ibnu
Dalam interior, pengaplikasian green design yg paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan material2 interior / furniture yg memiliki sertifikasi green. Material2 yg baik dan bersertifikasi akan menciptakan indoor air quality yg baik. Pemilihan material dan detailing interior yg baik, akan menghasilkan effort maintenance yg mudah dan tahan lama.

 

Tanya: Sri Murniyati       02:06 PM
Pak Agung adakah design RAM dan material yg disesuaikan di era ini

Jawab: Agung Winaya       02:21 PM
Selamat Siang Bu Sri, untuk ramp RS, masing2 dari jenis material ( keramik, homogeneous tiles, vinyl) masing2 memiliki jenis yg diperuntukkan khusus untuk bidang miring, salah satu cirinya adalah antislip dan mudah dibersihkan.

 

Tanya: Ali Subur       02:12 PM
Apakah penggunaan Air Disinfectant akan marak di RS ?

Jawab: Wahju Wulandari       03:21 PM
Ya pak. Mutlak butuh bahan Pembersih tangan

Share your thoughts